Senin, 03 September 2012

RKH paud Harum


TEMA/SUBTEMA          : DIRI SENDIRI/PANCA INDERA

Hari /Tgl
Indikator
Kegiatan
Sumber Belajar
Penilaian
KBM
P.A.
Mentaati peraturan yang ada
Berbaris  dan Do’a Ikrar +/- 15 menit
1
Pembiasaan
Hapalan surat pendek
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
Shalat bersama +/- 15 menit
Melafazkan surat
Membaca Basmallah 
Mukena,sarung, sajadah

>(pai1)Menyebutkan panca indera ciptaan Allah

>(fm4)Melempar dan menangkap bola

>(seni1)Dapat Menyanyi lagu sederhana
I. Kegiatan Awal +/- 30 menit
1)     Menyebut panca indera : mata, hidung, telinga, lidah dan tangan
2)     Melempar dan menangkap bola ke depan (saling berhadapan)
3)     Memyanyi lagu dua mata saya

Praktik Lansung

Bola kasti plastik


>(bhs3)Menyebut nama diri,orangtua,jenis kelamin dan alamat dengan lengkap

>(seni)Menjahit sederhana
>(Kog3)Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya,jenisnya,dll
II. Kegiatan Inti +/- 60 menit
1)     PL menyebut nama lengkap dan nama panggilan di muka kelas
2)     Menjahit topi kesayanganku
3)     Memberi tanda X pada gambar yang sama jenis kelaminnya

Papan nama

Karton bentuk topi, tali rapia
LKS dan spidol

>(akhlak)Terbiasa menjaga kebersihan
>(akhlakdan pai) Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
III. Istirahat/makan +/-30 menit
1)     Mencuci tangan
2)     Membaca doa sebelum dan sesudah makan
3)     Bermain

>(seni)Bertepuk tangan dengan pola
>(fm1)Mengurus diri sendiri tanpa bentuan


>Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
IV. Kegiatan akhir +/- 30menit
1)     Bermain tepuk 1,2,3
2)     Merapikan pakaian sendiri
3)     Diskusi kegiatan sehari dan informasi kegiatan esok hari
4)     Berdoa pulang


Hari /Tgl
Indikator
Kegiatan
Sumber Belajar
Penilaian
KBM
P.A.
2
Mentaati peraturan yang ada
Berbaris +/- 15 menit
Pembiasaan
(pai) Hapalan surat pendek
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
Shalat bersama +/- 15 menit
Melafazkan surat
Membaca Basmallah 
Mukena,sarung, sajadah

>(pai2)Menyebutkan sifat Allah
>(Kog)Mengelompokkan

>(Bhs)Bercerita tentang gambar yang disediakan guru
I. Kegiatan Awal +/- 30 menit
1)    Mengetahui Allah Maha Esa (satu)
2)    Mengelompokkan anak berdasarkan jenis kelaminnya
3)    Menceritakan perbedaan laki-laki dan perempuan

Praktik Lansung
PL

Gambar laki-laki dan perempuan

>(kog8)Membilang/mengenal konsep bilangan dgn benda
>(fm)Meniru garis tegak,datar, miring dsb
>(seni)Mewarnai gambar sederhana
II. Kegiatan Inti +/- 60 menit
1)      Mengenal konsep bilangan 1, menghitung benda yang berjumlah 1
2)      Meniru angka 1
3)      Mewarnai gambar angka 1

LKS gambar kepala,mata,hidung
LKS
 Krayon dan buku gambar

>(akhlak)Terbiasa menjaga kebersihan
>(akhlakdan pai) Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
III. Istirahat/makan +/-30 menit
1)    Mencuci tangan
2)    Membaca doa sebelum dan sesudah makan
3)    Bermain

>(seni)menyanyi
>(kog)Mengenal posisi di atas dan di bawah
>Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
IV. Kegiatan akhir +/- 30menit
1)    Menyanyi “dua mata saya”
2)    Tanya jawab “posisi benda”
3)    Diskusi sebelum pulang
4)    Berdoa pulang


Hari /Tgl
Indikator
Kegiatan
Sumber Belajar
Penilaian
KBM
P.A.
3
Mentaati peraturan yang ada
Berbaris +/- 15 menit
Pembiasaan
(pai) Hapalan surat pendek
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
Shalat bersama +/- 15 menit
Melafazkan surat
Membaca Basmallah 
Mukena,sarung, sajadah

>(pai)Menyebutkan nama sholat
>(Sain)mengenal sebab-akibat
>(fm)Melambungkan dan menangkap kantong biji
I. Kegiatan Awal +/- 30 menit
1)    Menyebut nama sholat: subuh dst
2)    Menceritakan sebab-akibat bila tidak sikat gigi
3)    Melambungkan dan menangkap kantong biji

Praktik Lansung
Membawa sikat gigi
Kantong isi kacang tanah

>(kog)Menyusun benda berdasarkan ukurannya
>(fm)menggunting
>(seni)Menggambar
II. Kegiatan Inti +/- 60 menit
1)      Menyusun dari benda dari yang besar ke kecil
2)      Menggunting lurus
3)      Menggambar tubuh

Balok susun
Karton dan gunting
 Krayon dan buku gambar

>(akhlak)Terbiasa menjaga kebersihan
>(akhlakdan pai) Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
III. Istirahat/makan +/-30 menit
1)                     Mencuci tangan
2)                     Membaca doa sebelum dan sesudah makan
3)                     Bermain

>(seni)mengurus diri sendiri
>Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
IV. Kegiatan akhir +/- 30menit
1)   Memakai kaos kaki sendiri
2)   Diskusi sebelum pulang
3)   Berdoa pulang


Hari /Tgl
Indikator
Kegiatan
Sumber Belajar
Penilaian
KBM
P.A.
4
Mentaati peraturan yang ada
Berbaris +/- 15 menit
Pembiasaan
(pai) Hapalan surat pendek
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
Shalat bersama +/- 15 menit
Melafazkan surat
Membaca Basmallah 
Mukena,sarung, sajadah

>(akhlakpai)Menyebutkan kalimat thayyibah
>(fm)berjalan maju pada garis lurus
>((kog)Mengenal konsep bilangan
I. Kegiatan Awal +/- 30 menit
1)   Mengucapkan Subhanallah bila terkagum, dsb
2)   Berjalan lurus sesuai gambar kaki
3)    Menyebut bilangan 1-5

Praktik Lansung
ambar kaki di karton
PL

>(Kog)Menghubungkan benda dengan lambang bilangan
>(seni)Melukis dengan jari
>(Bhs)memberi keterangan
II. Kegiatan Inti +/- 60 menit
1)    Menghubungkan
2)      Melukis bebas
3)      Memberi tanda X pada benda tajam membahayakan tubuh

LKS gambar panca indera
Buku gambar dan cat air
Gambar gunting, pinsil, pisau dll

>(akhlak)Terbiasa menjaga kebersihan
>(akhlakdan pai) Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
III. Istirahat/makan +/-30 menit
1)      Mencuci tangan
2)    Membaca doa sebelum dan sesudah makan
3)    Bermain

>(Bhs)menyebutkan benda dengan awalan kata yang berarti
>Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
IV. Kegiatan akhir +/- 30menit
1)     Menyebut benda dengan awalan “a” contoh: apel, api dst
2)     Diskusi sebelum pulang
3)     Berdoa pulang

Gambar benda


Hari /Tgl
Indikator
Kegiatan
Sumber Belajar
Penilaian
KBM
P.A.
5
Mentaati peraturan yang ada
Berbaris +/- 15 menit
Pembiasaan
(pai) Hapalan surat pendek
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
Shalat bersama +/- 15 menit
Melafazkan surat
Membaca Basmallah 
Mukena,sarung, sajadah

>(akhlakpai)Hapal gerakan shalat
>(Bhs)memberi keterangan
>(fm)berdiri dengan tumit
I. Kegiatan Awal +/- 30 menit
1)   Mengetahui gerakan ruku
2)   Menyebutkan benda kesayangan dan memeliharanya
3)   Berdiri dengan tumit

Praktik Lansung
Membawa benda kesayang mis,mobilan, dsb
Praktik lansung

>(Bhs)Melingkari huruf awal yang sama
>(fm)Membuat berbagai bentuk dari playdough, dsb

>(seni)Meronce dengan pola
II. Kegiatan Inti +/- 60 menit
1)       Melingkari huruf awal “a”
2)       Membuat orang dari kepingan geometri

3)       Mereonce dengan 2 bentuk

LKS
Buku gambar dan kepingan kertas warna
Tali dan manik

>(akhlak)Terbiasa menjaga kebersihan
>(akhlakdan pai) Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
III. Istirahat/makan +/-30 menit
1)      Mencuci tangan
2)      Membaca doa sebelum dan sesudah makan
3)      Bermain

>(Bhs)menyebutkan benda dengan awalan kata yang berarti
>Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
IV. Kegiatan akhir +/- 30menit
1)     Menyebut benda dengan awalan “a” contoh: apel, api dst
2)     Diskusi sebelum pulang
3)     Berdoa pulang

Gambar benda



Hari /Tgl
Indikator
Kegiatan
Sumber Belajar
Penilaian
KBM
P.A.
Mentaati peraturan yang ada
Berbaris  dan Do’a Ikrar +/- 15 menit
6
Pembiasaan
Hapalan surat pendek
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
Shalat bersama +/- 15 menit
Melafazkan surat
Membaca Basmallah 
Mukena,sarung, sajadah

>(pai1)Menyebutkan hadis
>(fm) Melompat
>(seni1)Menyanyi
I. Kegiatan Awal +/- 30 menit
1)     Menyebutkan “ilmu itu cahaya”
2)     Melompat dengan simpai
3)     Memyanyi “Allah Maha Esa”

Praktik Lansung (Al-‘ilmu nuurun)
simpai
PL

>(bhs)Mengurut dan menceritakan buku gambar

>(kog)Mengerjakan maze
>(fm)Membuat garis lengkung dsb
II. Kegiatan Inti +/- 60 menit
1)     Mengurut gambar keluarga

2)     Mengerjakan maze
3)     Membuat garis lengkung membentuk bibir

Gambar ayah, ibu, kakak, aku dan adik
LKS
Buku gambar dan spidol

>(akhlak)Terbiasa menjaga kebersihan
>(akhlakdan pai) Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
III. Istirahat/makan +/-30 menit
Mencuci tangan
Membaca doa sebelum dan sesudah makan
Bermain

>(seni)Bertepuk tangan dengan pola
>(fm)Mengurus diri sendiri tanpa bentuan


>Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan